close
close

Cara Mengatasi Printer Yang Tidak Keluar Tintanya dan Merawat Agar Awet & Tahan Lama.


cara merawat printer agar awet dan tahan lamaA. Cara mengatasi maupun memperbaiki cartridge printer tinta yang tidak keluar tintanya dengan melakukan sedikit pembersihan dan pencucian pada permukaan nozle cartridge (Ini Cara sederhana dan simpel):

  • 1. Siapkan air hangat secukupnya dan tuang pada mangkuk, gelas atau apa yang anda punya.

  • 2. Siapkan alcohol dengan kandungan 40 - 70 % (Ini untuk mempercepat cleaning)

  • 3. Siapkan tisu atau soft drill kain yang lembut.

  • 4. Ambil cartridge printer tinta tadi yang tidak keluar tintanya, dari printer anda, Hati-hati saat melepas cartridge tinta ini apalagi dalam kondisi ON.

  • 5. Celupkan sedikit-sedikit Nozle cartridge pada bagian bawah cartridge yang bersentuhan dengan kertas, sambil di goyang sedikit, sampai air hangat berubah warnanya. Jika anda membersihkan Cartridge Hitam (Black) maka air berubah keruh/hitam. Jika cartridge yang anda bersihkan cartridge warna, maka air berubah warna (Merah, Hijau, Biru). Jika berubah warna berarti nozle cartridge telah luntur dan tidak tersumbat.

  • 6. Isi dan Refill tinta secukupnya apabila dirasa tinta sudah berkurang, tapi bisa diabaikan jika anda merasa tinta masih cukup.

  • 7. Setelah selesai, bersihkan dengan tisu, bersihkan pelan-pelan jangan terlalu nekan dan terlalu keras, NB : Jangan dahulu menggunakan alcohol.

  • 8. Setelah kering, bersihkan kembali menggunakan tisu dan alcohol tadi, tujuannya agar Nozle lebih bersih dan kering (Tidak Nleteh saat pasang dan diclean di printer) dan supaya cartridge tetap awet dan tahan lama, meskipun sebenarnya dengan air hangat saja sudah cukup, tetapi air yang tidak kering bisa berpengaruh pada konduktifitas dan menambah resisitansi meskipun sedikit.

TIPS : Cara diatas adalah solusi tahap ringan untuk membersihkan dan mencuci nozle printer inkjet, yang bisa diterapkan pada beberapa merk dan tipe printer inkjet, seperti yang lazim digunakan dan banyak penggunanya : Canon, Epson, HP, dan printer inkjet lainnya.

Perhatian pada saat pengisian refill Baik untuk cartridge murni maupun yang menggunakan tinta infus :

Jika anda mengisi refill tinta cartridge jangan terlalu penuh apalagi sampai nleteh, karena bisa mengakibatkan serat nozle bisa rusak, dan biasanya di tandai dengan adanya Tinta printer yang sudah keluar tapi tidak bisa untuk print dengan maksimal atau cartridge tidak kering tapi tinta tidak keluar maksimal.

Jika anda menggunakan tinta infus, perhatikan pada saat isi tinta pada tank infus anda, perhatikan posisi cartridge dalam kondisi parking / diam di sebelah pojok, jangan menginfus pada saat posisi cartridge sedang bergerak / ditengah, dan usahakan mengisi tank infus pada kondisi printer tidak blinking dan usahakan matikan power agar lebih aman.

B. Anda perlu melakukan reset Jika :setelah selesai proses diatas, printer tetap tidak mengeluarkan tinta mekipun sudah print head cleaning berulang-ulang dan tidak bisa untuk print, tapi led indikator masih Normal (tidak blink) dan menunjukan Low Ink warning (meskipun sudah di refill) Maka :

  • Anda perlu meresetnya menggunakan tools, hati-hati menggunakan cara ini karena berhubungan langsung dengan program di printer

  • Silahkan baca petunjuk reset dan menggunakan tools di : Cara reset-1, maupun pada petunjuk yang ada pada sub : Cara reset-2 (Kedua cara tersebut konsepnya sama) Diertakan juga download tools yang mendukung proses resetting.

C. Cara Mudah Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama :

  • 1. Gunakan printer anda secara teratur dan berkala, minimal seminggu sekali.

Seringkali kita menjumpai hasil print dengan kualitas cetak yang kurang bagus, ada garis putih melintang, ataupun ada salah satu warna yang tidak keluar. Bahkan lebih parah lagi hasil print tidak kelihatan sama sekali. Merawat printer dengan menggunakan printer secara berkala dan teratur ini akan menjaga agar tinta tetap mengalir dan membasahi nozzle tempat keluarnya tinta. Karena diameter nozzle ini sangat kecil sekali, maka akan sangat rawan terjadi kebuntuan akibat tinta kering yang tidak mengalir. Dan akibatnya head catridge bisa rusak, padahal harganya hampir sama dengan beli printer baru. Maka rawat printer anda agar hal ini tidak terjadi. Tips : Anda bisa letakkan catatan kecil di depan monitor anda untuk mengingatkan agar selalu melakukan pencetakan setiap minggu secara rutin, baik untuk warna hitam maupun warna yang lain. Gunakan untuk mencetak foto ataupun gambar yang kaya warna.

  • 2. Segera isi / refill jika tinta printer anda habis.

Cara merawat printer no 2 ini juga akan membuat awet dan tahan lama terhadap head catridge printer anda.

  • 3. Matikan printer secara benar dengan menekan tombol powernya.

Cara merawat printer no 3 ini akan membuat head catridge printer anda selalu bersih dan terjaga dari kebuntuan. Karena dengan menekan tombol power untuk mematikan, maka printer akan secara otomatis melakukan pembersihan permukaan head sebelum parkir di tempatnya. Jangan mematikan printer dengan mencabut kabel power secara langsung.

Jika anda menggunakan kertas yang kotor dan berdebu untuk mencetak, maka ini akan mengotori roll penarik kertas, dan lama kelamaan akan menyebabkan cepet aus dan akhirnya rusak. Efeknya adalah printer tidak akan bisa untuk menarik kertas. Jadi cara merawat printer no 4 ini juga harus anda lakukan agar printer anda awet dan tahan lama.

  • 5. Tutup printer dengan cover plastik agar debu dan kotoran tidak menempel ke printer.

  • Kondisi seperti ini disebabkan karena PITA Sensor penggerak cartridge anda, kotor atau ada noktah hitam namun berukuran kecil, bisa disebabkan karena mutahan tinta yang terlalu penuh, sehingga pada saat cratridge bergerak dalam posisi full blok, Maka akan kelihatan hasil print outnya agak bergaris. Pita sensor sendiri adalah referensi pergerakan motor-stepper penggerak cartrige, jadi jika sensor tidak sempurna memantulkan sinar, maka pergerakan head cartridge jadi tersendat karena informasi stepping yang tidak sempurna terbaca head sensor, Solusinya : Bongkar printer tinta anda tanpa cartridge, kemudian bersihkan dengan alkohol berkadar 70% atau diatasnya (INGAT dengan alkohol), dan jangan sampai menghapun grid layer pada pita (Garis yang berjarak milimmeter), Jika anda membersihkan dengan benar, sampai kering normal tanpa menghapus grid layer maka print full blok akan kembali normal dan tidak bergaris, Tapi sebaliknya, jika grid sampai terhapus, hasilnya akan bertambah bergaris dan blanking hitam putih pada print outnya.

Demikian cara meminimalisir supaya tidak sampai memperbaiki printer canon khusunya inkjet dan mengatasi cartridge printer yang tidak keluar tintanya dan cara mudah merawat printer agar awet dan tahan lama. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

 

 

Sumber:http://mcscv.com/produk_detail.php?page-id=Cara-mudah-menangani-Cartridge-yang-tidak-keluar-tintanya&rdmt=89400&id=defadm&pid=merawat-printer-tinta-agar-awet

0 Response to "Cara Mengatasi Printer Yang Tidak Keluar Tintanya dan Merawat Agar Awet & Tahan Lama."

Post a Comment