close
close

Mengenal akamaihd.net pada Facebook.


Sebelum kita mulai , saya ingin Anda untuk melakukan percobaan sederhana ini .

Goto akun facebook Anda , periksa gambar apapun seperti profil pic , gambar dalam feed berita atau thumbnail apapun. Klik kanan pada gambar dan klik pada ' gambar terbuka di tab baru ' ( Saya mengasumsikan Anda menggunakan Google Chrome ) .

Setelah Anda telah membuka gambar di tab baru , periksa address bar .

Anda akan menemukan sesuatu seperti ini ,

hubungan antara akamaihd dan facebookNotice domain akamaihd.net dalam URL . Jadi gambar yang Anda temukan di facebook sebenarnya host di akamaihd.net . Apakah Anda terkejut ? Mungkin tidak, jika Anda tidak mengerti whats di benar-benar terjadi .

Mari saya jelaskan , Foto-foto yang di upload ke facebook , sebenarnya sedang upload ke akamaihd.net . Sekarang pertanyaannya adalah , Apa akamaihd.net dan Mengapa foto Anda host di akamaihd.net ?
Apa akamaihd.net ?

Akamai Technologies adalah sebenarnya CDN , di mana CDN singkatan dari Content Delivery Network . Hal ini menjawab hampir semua jika Anda tahu bagaimana bekerja CDN . Kita akan berbicara tentang CDN dalam posting ini , tapi pertama mari kita memeriksa fakta yang menyenangkan tentang Akamai .

Akamai diucapkan sebagai Acme . Apakah terdengar akrab bagi Anda ? Acme adalah sebuah perusahaan fiktif dalam Kartun Roadrunner . Ini digunakan untuk menyediakan beberapa produk yang akan gagal pada waktu-waktu terburuk.
Acme -korporasi - fiksi

Sumber Gambar familyguy.wikia.com
Apa itu CDN ?

Sebuah CDN ( jaringan pengiriman konten ) akan menerima data Anda dan tempatkan pada beberapa server yang berbeda di seluruh dunia . Hal ini membuat bahwa konten tertentu untuk memuat lebih cepat bagi siapa saja yang ingin mengaksesnya . Hal ini karena konten akan dikirimkan ke pengguna akhir dari kemungkinan terdekat server yang memegang konten.

Tanpa CDN , konten akan hanya berada pada satu server . Dan dengan demikian pengguna yang dekat dengan server dapat mengakses konten yang lebih cepat daripada pengguna yang berada jauh dari itu .

Sebagai contoh, Jika konten saya terletak pada server di India . Kemudian pengguna di Asia akan memiliki latency yang lebih baik (kurang waktu tunda ) dibandingkan dengan pengguna dari Amerika , Eropa atau Australia .
Mengapa foto di-upload ke facebook Akamaihd.net ?

Akamai memiliki beberapa jaringan CDN , di mana akamaihd.net adalah salah satu CDN . Facebook adalah jaringan besar dan harus mengirimkan data pada kecepatan yang lebih cepat untuk setiap pengguna . Dan untuk melakukannya , membutuhkan CDN .

Facebook menggunakan akamaihd.net sebagai CDN . Inilah sebabnya mengapa foto di-upload ke akamaihd dan tidak facebook . Jadi, setiap kali Anda meminta untuk melihat foto di facebook , permintaan Anda sebenarnya dikirim ke server yang terdekat mungkin akamaihd . Server ini mengembalikan foto yang diminta . Dan sejak kemungkinan terdekat server, Anda akan mendapatkan foto diminta dengan waktu tunda minimum.
Info lebih

Tahun sebelumnya , Banyak orang menghadapi masalah di mana gambar di akun facebook mereka tidak loading . Saya tidak tahu apakah Anda menyaksikan ini atau tidak . Tapi ini mungkin terjadi karena facebook diblokir server akamaihd.net secara sementara , mungkin untuk tujuan pemeliharaan atau untuk mendorong update baru .
Video - Mengapa Foto Facebook Apakah Uploaded Untuk Akamaihd.net ?

Jika Anda menyukai posting ini , silakan berlangganan feed blog untuk posting lebih menakjubkan dan update . Terima kasih .

refrensi: http://www.codefap.com/2013/01/what-is-akamaihd-net-in-a-facebook-link/

2 Responses to "Mengenal akamaihd.net pada Facebook."

  1. saya mendapatkan pesan d BBM, http://fbcdn-video-a.akamaihd.net/hvideo-ak-ash3/v/1231829_751238228241208_1753869102_n.mp4?oh=6f7036ff4f2668e0e56777eb680b7623&oe=529FA779&__gda__=1386242997_caff975f5ba4b67db1b5c1192c5206e1
    itu adalah link video, yg bisa di-unduh oleh semua paket BB.
    Bagaimana caranya, mendapatkan link pada video yg saya buat..
    Terimakasih

    ReplyDelete
  2. ouwh gitu ya bang,,,pantesan saya kalo buka fb itu ada nama tersebut,,,,baru tahu saya gan,,,

    ReplyDelete